DARI DESA MEMBANGUN INDONESIA

HAMZANWADI 22 Desember 2017 02:46:04 WIB

Karang Bajo (SID). "Rapat Inisiasi Pembentukan Forum dan Rekomendasi RAD (Rencana Aksi Daerah) Pembangunan Desa Di Nusa Tenggara Barat NTB. Mengangkat Tema Dari Desa Membangun Indonesia bertempat Di Hotel Lombok Garden Mataram Pada Tanggal 19-12- 2017.


Acara ini di selenggarakan oleh KEMENTRIAN DESA DAERAH TERTINGGAL dan TRANSMIGRASI PDTT. Berkerja Sama Dengan UNIVERSITAS MATARAM dan Yang kini menjadi Desa Binaan melalui program "Pusat Pembelajaran Sosial Dasar" (P2SD) Dua Desa yang ada di NTB  yaitu Desa Karang Bajo Kec Bayan Kab Lombok Utara dan Desa Sabedo Kab Sumbawa Provinsi NTB.
Dalam hal ini mengundang berbagai elemen seperti Akademisi Perguruan Tinggi yang ada di NTB, Perangkat Desa, Asosiasi Desa KLU, LSM, Pengelola yayasan,Remaja dan tidak ketinggalan kami sebagai pendamping Desa yang di ikut sertakan dalam acara tersebut.

Berbagai materi seperti Membangun Desa yang Sehat di Tinjau Dari Prespektif Pertanian yang dimana langsung disampaikan oleh Bapak Ir. joko Priyono, M.Sc, Ph. Selaku Dosen Fakultas Pertanian Unram yang di mana salah satu materinya mengarahkan Masyarakat Desa sebagai sentra kegiatan pertanian pemasok sumber makan pokok seperti : Kecupan pangan di melihat dari Lingkungan fisik masyarakat di tuntun berpikir untuk sehat/bijak.

Dan dilanjukan lagi materi kedua oleh Bapak Zulhakim, SKM, MM. Selaku Konsultan Manajemen Provinsi Untuk Generasi Sehat dan Cerdas Provinsi NTB. Melalui Peningkatan Kapasitas di Lokasi Non BLM GSC 2016-2017. Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan kualitas layanan sosial dasar dengan kedekatan pemberdayaan masyarakat desa. Seperti yang di tuang ke UU Desa khususnya mengedepankan desa sebagai sebuah entitas yang memiliki kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa menuju ke mandirian desa sebagai landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, Makmur dan sejahtera. Seiring dengan ditetapkannya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang di sebut UU Desa.

Materi kitiga yang di sampaikan oleh Yuni Asih Gustriana selaku Duta Medaia Sosial Dunia Maya yang menjelaskan bagaimana tingginya kasus terorisme yang saat ini berkembang di NTB dan memicu kekhawatiran untuk generasi muda masa mendatang. Mengajarkan cara menggunakan media sosial dan tidak asal mengeser postingan abal2 HOAX. Memberikan edukasi ke generasi muda untuk selalu berpikir positif. Ketiga materi di atas saling berkolaborasi antar satu sama lain untuk membangun desa cari pinggiran menjadi indeks desa mandiri.
***

Di lanjutkan diskusi pembentukan Forum dan Rekomendasi Rencana Aksi Daerah (RAD) yang di Pandu oleh Bapak I G. L. Parta Tanaya, Ph. D. yang merencanakan akan pembentukan forum RAD.
Membahas dan menyepakati beberapa hal Terkait Rencana Aksi Daerah dalam pembangunan Desa. Rencana Asyik Daerah ini mampu mengakomodir kegiatan apa saja yang dibutuhkan di tengah2 masayarakat atau peningkatan kapasitas aparatur desa. Asyik ini juga diharapkan bisa di insent atau menitip di asyk melaui forum yang tersedia. Misalkan Usulan Rencana Asyk Daerah seperti. Pelayan sosial dasar desa, sistim administrasi dan informasi desa, Peningkatan kualitas sumberdaya manusia desa, penguatan informasi desa.

Keperdulian Forum Perguruan Tinggi Perduli Untuk Desa (Pertides). Seperti yang dj jelaskan oleh Bapak Prof. Ir. Suwardji, M.App.Sc, Ph.D. Ini adalah bertujuan menyelesaikan permasalahan masyarakat desa melalui pelaksanaan program Kemendesa PDTT di bidang. 1. Pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat desa melalui kegiatan penerapan Teknologi Tepat Guna TTG. KKN tematik, peningkatan keberdayaan masyarakat desa. 2. Pendampingan program-program pemberdayaan masyarakat desa dari Kemendesa PDTT. 3. Antisipasi isu-isu sentral pemberdayaan pedesaan. 4. Peningkatan mutu jasa pemerintah desa baik dibidang regulasi penganggaran maupun implementasi dan aksesibilitasnya.

Diharapkan mampun memberikan Teknologi Tepat Guna terhadap pengelolaan produk bahan baku sebagai produk unggulan Desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa pinggiran.
#UNRAM
#Kemendesa_PDTT
#Pertides
#P2SD

Komentar atas DARI DESA MEMBANGUN INDONESIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar