Acara Hitanan Secara Adat Hari Jumat Sangat Praktis

Redaksi 17 Januari 2018 12:46:50 WIB

Karang Bajo (SID) Acara Hitanan Secara Adat Bayan wet Kepembekelan Karang Bajo pada hari Jumat sangat praktis bagi keluarga yang kurang mampu hal itu disampaikan oleh Budanom mak lokak walin Gumi pada acara khitanan warga trantapan 12 januari 2018.

Info ini ada kaitannya dengan sekolah adat bagi kita sebab selama ini yang namanya menggawe menyunatan untuk wilayah kepembekelan karang bajo kecamatan bayan lombok utara di laksanakan pada setiap hari senin ada istilah kayuk aik artinya prosesnya 4 hari di awali dengan mberoah jumat mbarang dirik bakal menggawe menyunatan dan di ahiri juga dengan meroah jumat mbarang dirik sawek menyunatan. Sekali lagi Ini berlaku bagi keluarga yang sudah mampu dan biasanya dilakaanakan secara berjamah dengan anak saudara sehingga jumlah anak yang di hitan lebih dari 5 orang.

Bagi keluarga yang kurang mampu maka di berlajukanlah proses menggawe menyunatan 1 hari saja yaitu hari jumat numun proses rangkaian caranya sedikit berbeda, yaitu sebelum anak di hitan oleh mak lokak penyunat atau tenaga medis dari petugas kesehatan terlebih dahulu kiyai lebe melakuka pemotongan hewan atau istilah bayan meragatang , pada waktu itu kiyai duduk berhadapan dengan aman jangan berada di sebelah timur menghadap utara karena ada hubungannya dengan sekalian roah jumat setelah itu di lanjutkan dengan pros pemotongan sapi dan ayam baru kiyai melakukan do'a bedak krames baru bedak krames itu di usapkan di kepala anak yang akan di hitan.

Proses selanjutnya yaitu anak bisok bedak keramas ke kali sekalian mengkerem atau merendam penis anak baru proses menyembek atau memberi restu dari para toak lokak, proses ini si anak yang akan di hitan duduk menghadap ketimur di bawah berugak saka 6. Setelah itu dilanjutkan dengan menghitan atau menyunatan oleh mak lokak menyunat atau mantri yang di iringi dengan doa barzanji atau selakaran oleh jamaah setempat.

Acara selanjutnya yaitu periapan atau doa sukuran telah selesai acara hitanan yang di pimpin oleh kiyai lebe dan kiyai santri menghadap ke barat berhadapan dengan mak lokak penyunat dan pmebekel adat beserta para mak lokak yang hadir pada acara itu yaitu mak lokak karang bajo, mak lokak pande, mak lokak karang tulis, mak lokak walin gumi, mak lokak singgan, mak lokak lang lang dan toak turun lainnya.

Cara ini berbeda urutan dengan acara menggawe menyunatan yang di lakukan 2 hari yaitu hari ahad kayuk aik dan hari senin gawe atau puncak acara hitanan. Yaitu pada hari 1 atau kayuk aik dilakukan acara pemotongan hewan oleh kiyai di lanjutkan dengan bedak keramas baru periapan kayuk aik yang di pimpin oleh mak lokak penyunat di doakan oleh kiyai, mak lokak penyunat duduk di sebelah timur ujung selatan menghadap kebarat berhadapan dengan kiyai, baru hari ke 2 atau ando gawe paginya dilakukan hitanan oleh mak penyunat setelah itu baru pemotongan hewan namun tempat duduk kiyai bersama aman jangan menghadap utara berada di berugak sebelah barat sebab ini namanya gawe urip dan hari senin.

Cara ini berbeda lagi dengan warga yang berada di wet kepenbekelan bayan timur, bayan barat dan kepembekelan Loloan, biasanya dilakukan hari rabu kayuk aik dan hari kamis gawenya. Menggawe menyunatan hari jumat ini sama kita berlakukan dengan warga wet kepembekelan Desa Anyar itu tentang harinya namun mengenai proses pra acara dan acaranya tergantung wet wilayah masing masing.

Harapan mak lokak walin gumi, pembekel adat karang bajo dan para toak lokak agar proses acara menggawe urip hari jumat yang praktis ini bisa kita pertahankan agar adat dan budaya nenek moyang yang kita laksanakan tidak musnah begitu saja jadi tugas kita sebagai generasi penerus untuk melaksanakan dan melestarikannya ( Ardes )

Komentar atas Acara Hitanan Secara Adat Hari Jumat Sangat Praktis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar