Bupati KLU Berkunjung ke Kelompok Tenun Stuk Jajak Bilang Bale di Karang Bajo

Redaksi 19 Januari 2018 09:05:56 WIB

Karang Bajo (SID) Bupati Lombok Utara H. NAJMUL AHYAR bersama rombongan yaitu Kepala BAPPEDA, Kepala Inspektorat, Kepala Disperindagkop dan Dinas Terkait Berkunjung ke Kelompok Tenun Stuk Jajak Bilang Bale di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan 17 januari 2018.

Kunjungan Silarurrahmi Bupati Lombok Utara ini merupakan jadwal monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pembangunan tahun 2017 yang bangun oleh Disprondagkop Lombok utara yang berada di Desa Karang Bajo berupa Bangunan Los Kerja Indrustri Kerajinan Masyarakat brupa tempat Kerajunan menenun di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan.

Bupati Lombok utara menyampaikan terimakasih kepada kelompok tenun setuk jajak bilang bale yang telah menerima dan menyambut walau sipatnya sederhana, selanjutnya Bupati menyampaika. Bahwa tahun 2019 nanti semua Karyawan dan karyawati lingkup Kabupaten Lombok Utara harus memakai baju has Lombok utara hasil tenun ibu ibu kelompok tenun yang ada di Kecamatan Bayan untuk itu tahun 2018 ini mohon siapkan kita kain tenun has bayan agar di produksi lebih banyak lagi adapun Model kain tenun yang kami butuhkan adalah kaib tenun yang panjangnya 40x400 cm berwarna dasar merah bercorak kekuning kuningan dengan harga Rp. 100.000 per meter.

Kepala Disperindagkop Lombok Utara Fahri menyampaikan bahwa Kelompok Setuk jajak bilang bale ini pada dasaranya dia melakukan menenun di rumahnya masing masing namun karena pelaksanaan menenun di rumah pekerjaannya kurang pokus sebab.menenun itu menurutnya sebagai pekerjaan tambaha. Sehingga hasilnya kurang maksimal jadi meliat kondisi itu kami dari Dinas Disperindagkop berinisiatip unruk membangunkannya sebuah bangunan los sehingga ada tempatnya untuk melakukan kerajinan tenun secara berkelompok di satu tempat dan pada saat itu bisa sekaligus memasarkan hasil karyanya dan tempat bangunan itu berada di pinggir jalan mudah di jangkau oleh siapa saja.

Sememtara Kepala Dinas Pariwisata Lombok Utara H. Muhammad meminta kepada Pengelola wisata Budaya Sebaya Tanta agar di programkan juga di muatan Lokal sekolah adat, terus buat propil tata cara menenun dengan menggunakan bahasa inggris mulai dari proses awal yaitu pewarnaan benang dari kulit pohon kayu atau dari daun daunan, baru mengeringkan selama 2 hari terus menggulung benang tersebut dengan cara di putar ( Menggeleot ) sampai abis baru di pentang ulang sesuai ukuran kain yang akan di buat baru proses menenun, jika yang di buat dengan ukuran selendang kalau pokus dalam waktu 2 hari sudah jadi sementara kain panjang ukuran 4 meter membutuhkan waktu 1 minggu.

Kepala BAPPEDA KLU Heriyanto mengharapkan kepada Kelompok Setuk Jajak Bilang Bale di Desa Karang Bajo agar lebih di tingkatkan mulai dari penataan pintu masuk lokasi agar dibuatkan gapuran yang alami terbuat dari bambu atau pohon kelapa yang sudah modip sehingga nampak ke asliannya baru penataan lingkungan biar tambah cantik terakhir tingkatkan produk hasil tenun sebab tempat ini akan kita jadikan menjadi ekowisata kerajinan tangan dan akan kita promosikan keluar daerah ( Ardes ).

Komentar atas Bupati KLU Berkunjung ke Kelompok Tenun Stuk Jajak Bilang Bale di Karang Bajo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar