Kapolsek Bayan Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba di Desa Karang Bajo

Redaksi 24 Januari 2018 05:21:54 WIB

Karang Bajo ( SID). Kepala Kepolisian Sektor  Bayan IPTU MADE SUKADANA, SH Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Dampaknya pada  Generasi Muda dan Sisawa SMAN 2 Bayan hadir juga Bibinkamtibmas Desa Karang Bajo, Loloan dan Sambik Elen di Aula Kantor Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan 23 Januari 2018.

Kapolsek Bayan juga menyampikan tentang Bahaya Narkoba yang umumnya memiliki resiko kecanduan bagi penggunanya, menurut pakar kesehatan, Narkoba sebenarnya adalah senyawa senyawa psikotropika yang bisa dipakai untuk membius pasen saat hendak di oprasi atau obat obatan untuk penyakit  tertentu, namun kini persepsi itu di salah artikan akibat pemakaian diluar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Hingga kini penyebaran penyalah gunaan Narkoba sudah hampir tak bisa di cegah, mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat Narkoba dari orang orang yang tidak bertanggungjawab, tentu saja hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat  dan Pemerintah khawatir.
 
Upaya pemberantasan Narkoba pun sudah sering di lakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan Narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SMP dan SMA pun banyak yang terjerumus kedalam penyalah gunaan narkoba hingga saat ini jadi upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalah gunaan narkoba pada anak anak adalah Pendidikan keluarga, Orang tua diharapkan untuk mengawasi dan mendidik anaknya agar selalu menjauhi Penyalah Gunaan Narkoba.
 
Pada Kesempatan tersebut Kapolsek Bayan memperkenalkan jenis jenis Narkotika mulai dari Ganja, Morfin, Kokain, Heroin, Matadon, sekalian menyampaikan Aspek Hukum Narkotika Menurut Undang Undang Nomor 22 Tahun 1997 Bagi Pengguna dalam Pasal 78 ancamannya 4 tahun Penjara, Bagi Pengedar dan Produsen dalam pasal 80 dan 81 ancamannya minimal 20 tahun maksimal hukuman mati atau denda, selanjutnya aspek hokum psikotropika UU/05/97. Bagi pengguna pasal 59 ancamannya minimal 4 tahun dan maksinal maksimal 15 tahun atau denda, bagi Pengedar dan Produsen dalam pasal 59 dan 80 ancamannya minimal 15 tahun maksimal hukuman mati atau denda, untuk itu jauhi narkoba jauh jauh.
 
Dampak sosial dari Penyalah Gunaan Narkoba adalah Emosi yang tidak terkendali, Kecenderungan berbohong, Tidak memiliki tanggung jawab. Hubungan dengan keluarga, guru dan teman serta lingkungannya terganggu. Cenderung menghindari kontak komunikasi dengan orang lain. Merasa dikucilkan atau menarik diri dari lingkungan.Tidak perduli dengan nilai dan norma yang ada. Cenderung melakukan tindak pidana kekerasan, pencurian dan menggangu ketertiban umum.

Komentar atas Kapolsek Bayan Lakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba di Desa Karang Bajo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Google Translit

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
d' Best Translator

Google Analytics

Lokasi Karang Bajo

tampilkan dalam peta lebih besar